Senin

Kenapa Sering Buang Air Kecil Terus pada Wanita & Pria

Mempunyai keluhan sering buang air kecil (BAK) hal ini mungkin normal karena ada banyak minum air putih tetapi juga perlu waspada terhadap tanda tanda penyakit tertentu.

Normalnya frekuensi kencing orang antara 4 sampai 8 kali dalam sehari atau 1 sampai 1,8 liter.

Pastinya anda sudah tahu bahwa tubuh kita sebagian besar terdiri atas air, menurut the National Library of Medicine (NHS) tubuh yang kekurangn air bisa dehidrasi serta menyebabkan mudah lelah dan pusing. Setidaknya kita harus minum air enam sampai delapan gelas dalam sehari.

Penyebab Sering Buang Air Kecil pada wanita pria

Penyebab Sering Buang Air Kecil


Berikut beberapa gangguan kesehatan dengan ciri ciri sering kencing:

Infeksi saluran kemih: gejala infeksi saluran kemih yang biasa muncul yaitu sering BAK, nyeri pinggang dan demam.

Overactive bladder: terjadi karena kontraksi berlebih pada otot kandung kemih.

Batu ginjal: batu ginjal tidak memunculkan gejala jika ukuranya masih kecil. ciri ciri umum batu ginjal sering buang air kecil, urine keruh, nyeri perut.

Pielonefritismerupakan infeksi ginjal karena perpindahan bakteri dari kandung kemih ke ginjal. Gejala yang muncul sering BAK, demam, mual dan panas saat kencing.

Diabetes melitus terjadi karena kadar gula (glukosa) dalam darah sangat tinggi. Ada dua jenis diabetes yaitu tipe 1 dan 2. Tanda tanda diabetes yaitu sering buang air kecil terlebih di malam hari, kaki sering kesemutan, pandangan kabur, luka susah kering.

Divertikulitis/ peradangan dinding usus besar memiliki gejala nyeri saat kencing dan pendarahan di anus.

Selain gangguan kesehatan di atas sering buang air kecil juga bisa terjadi karena kehamilan atau faktor psikologis seperti stress atau depresi.

Jika anda konsumsi jenis obat diuretik seperti bumetanide, spironolactone, furosemid, teofilin juga dapat menyebabkan sering buang air kecil.


EmoticonEmoticon